Morning Rush 2 Desember 2020
View PDF
02 Dec 2020

Global Market Closing Review 

Bursa Eropa (UE) dan Amerika (AS) ditutup positif dengan beberapa sentimen antara lain, Angka inflasi Zona UE periode November kembali negatif atau selama 4 bulan berturut-turut, sehingga memperbesar realisasi peluncuran stimulus oleh bank sentral pada Desember yang cenderung akan berefek positif pada pergerakan pasar. Indeks Nasdaq yang merupakan kumpulan saham teknologi AS dan indeks S&P500 yang terdiri dari saham perusahaan dengan modal terbesar di AS, mencetak rekor penutupan tertinggi pada perdagangan kemarin setelah adanya rancangan stimulus tambahan oleh kongres AS sebesar US$908 miliar yang diharapkan dapat disetujui dewan senat sebelum akhir tahun. Selain itu pasar juga didorong sentimen pengajuan ijin penggunaan vaksin di UE oleh Pfizer & BioNTech.


Asia Market Opening 

Sebagian bursa Asia dibuka positif pada perdagangan pagi ini, seiring positifnya sentimen global yang membuat bursa UE dan AS ditutup positif pada perdagangan sebelumnya.


Domestic News 

  • Menko Kemaritiman dan Investasi menyampaikan regulasi terkait Lembaga Pengelola Investasi akan dirampungkan pada Januari 2021. Disampaikam sudah ada beberapa negara yang berencana berinvestasi melalui LPI salah satunya AS melalui International Development Finance Corporation (IDFC) dengan nilai investasi sebesar US$2 miliar. Adapun target dana investasi dikelola LPI pada 2021 ditargetkan sebesar US$50 - 60 miliar.
  • Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memastikan pemerintah akan memberikan perpanjangan Hak Pengelolaan (HPL) tanah selama 90 tahun, guna meningkatkan daya tarik investasi sekaligus memberikan kepastian hukum kepada investor. Namun untuk perpanjangan Hak Guna Bangunan (HGB) belum disampaikan dalam rencana tersebut.






PT Mandiri Sekuritas 

Menara Mandiri 1 Lt. 24 - 25, Jl. Jend. Sudirman Kav. 54 - 55, Jakarta 12190,

Indonesia Tel. (62-21) 526 3445 Fax. (62-21) 526 3521

www.most.co.id